Selasa, 08 November 2011

TANDA KEKURANGAN UNSUR HARA DALAM TANAMAN PANGAN

Ketimun dan labu siam adalah tanaman yang sangat sensitif pada kondisi/keadaan yang tidak seimbang yang berpengaruh terhadap suplai nutrisi dari dalam tanah. Dua sayur-mayur ini  menunjukkan tanggapan yang sama apabila kekekurangan magnesium. Buncis dan kacang kapri yang kekurangan magnesium akan menunjukkan karakteristik berupa bercak-bercak berwarna coklat yang menyebar di sekitar daun, sama seperti sayur-mayur lain. Bukti kekurangan magnesium yang pertama dalam tanaman bawang merah adalah terjadi pengembangan pada area elliptical-shaped yang tidak beraturan dekat ujung dari  daun-daun, warna daun agak putih, dan kemudian menghilang lenyap di dalam kumpulan daun-daun yang terpengaruh. (halaman 214).

Karena kentang biasanya tumbuh pada lahan dengan kondisi miskin unsur hara dan lahan berpasir. Oleh karena itu, lahan ini harus dirawat pada pH yang rendah untuk mengendalikan penyakit yang disebabkan oleh bakteri, hal ini mungkin saja diharapkan sebab bakteri sangat peka terutama karena ke kekurangan magnesium. Sama seperti tumbuhan lain, kekurangan magnesium yang pertama mempengaruhi daun-daun yang lebih tua. Terjadi pengembangan area kuning diantara lapisan daun yang sebelumnya berwarna hijau (halaman 210). Ketika kekurangan magnesium menjadi sangat ekstrim, daun-daun yang lebih tua akan berwarna kecoklatan dan layu, sedang gejala yang nampak dalam daun-daun muda adalah ujung lapisan daun akan menutup. Di Puerto Rico jenis kentang manis, area chlorotic antara lapisan daun-daun berwarna ungu kemerah-merahan menggantikan warna kuning. Kekurangan magnesium dapat mengurangi hasil produksi kentang setengah atau lebih.

DEFISIENSI BORON
Boron dalam jumlah kecil sangat diperlukan untuk pertumbuhan yang normal pada kebanyakan tanaman, tapi tidak semua pada tanaman sayuran. Penambahan 5 sampai 20 pon bahan kimia perhektar dalam bentuk boron dalam tanah cukup untuk pertumbuhan sayur-mayur yang normal. Batas antara jumlah yang dibutuhkan untuk pertumbuhan normal dan kebanyakan yang akan beracun adalah sangat sedikit.
Di tahun terakhir boron telah ditemukan untuk menjadi makanan penting pada tanaman sayuran. Sebelumnya hal itu dipertimbangkan lahan yang biasanya berisi boron cukup untuk mendukung pertumbuhan tanaman, tetapi kasus asli akibat kekurangan borium didalam sayur-mayur seperti halnya didalam tanaman telah dilaporkan dari  berbagai masyarakat di Amerika Serikat dan Kanada, dari bagian-bagian di dunia. Tumbuhan akan tumbuh dengan kurang baik atau mati jika kebutuhan boron kurang mencukupi. Kegagalan panen akibat penyebab ini telah terjadi di banyak bagian masyarakat, sehingga menyebabkan kerugian secara ekonomi.
Kekurangan boron telah dicatat dalam tanah dari  asal yang berbeda, berbeda dalam karakteristik fisik dan bahan kimia. Pada umumnya diatas tanah telah diterapkan perekat diatas tanah berpasir, tanah gambut, sama seperti halnya pada tanah rawa. Batang seledri yang patah diatas lahan berpasir di Florida, disebabkan karena kekurangan borium, penyebab ini menjadi kasus yang paling awal untuk mengetahui kegagalan suatu panen. Selama beberapa waktu terakhir telah dilaporkan di bagian timur, pertengahan barat dan Negara Barat. Kekurangan gizi umbi manis, lobak cina, sawi, kembang kol, bayam dan selada, dalam kaitannya dengan kekurangan borium, telah diamati di banyak negara yang mencakup Virginia, New Jersey, New York dan Michigan, dimana jika hal itu terjadi dalam area yang besar dapat merugikan secara arti penting ekonomi. Kekurangan boron secara ekonomis juga dialami di Kanada negara-negara eropa.
Defisiensi boron dalam tanaman juga tergantung pada faktor lain di samping isi boron dalam tanah. Tanah basah adalah salah satu faktor berpengaruh didalam musim kemarau yang menyebabkan ada luka-luka/kerugian lebih besar. Adanya kapur yang berlebihan didalam tanah dapat meningkatkan luka-luka/kerugian. Kerugian pada tanaman sayuran disebabkan oleh overliming, telah ditujukan dalam hal kekurangan borium, tetapi mekanisme tentang pengaruh borium yang tak tersedia belum diterangkan.
karakteristik Gejala kekurangan boron didalam tanaman sayuran sangat spesifik dan berbeda-beda secara luas. Patahnya Batang seledri dan adanya bercak warna coklat pada umbi manis dan lobak cina sangat berbeda, tetapi kedua-duanya menunjukkan gejala yang sama dalam kaitan dengan ketiadaan boron.
Didalam seledri, kekurangan boron menimbulkan akibat pertama yaitu adanya bercak yang berwarna kecoklat-coklatan pada daun, yang pada umumnya muncul pertama kali sepanjang garis tepi dari tunas. Bercak-bercak berwarna coklat kemudian diikuti oleh kerapuhan batang dan penampilan warna coklat belang pada kulit luar. Bercak-bercak akhirnya bersilang-silang nampak pada permukaan dari  tangkai dan jaringan akan mengeriting keluar. Jaringan yang terserang segera menjadi warna coklat gelap. Akar tumbuhan yang terserang akan berwarna coklat, pertumbuhan akar terhambat, dan membentuk bintil-bintil kecil pada akar. Pada akhirnya tanaman akan mati. Kondisi di bawah normal, tanaman dapat tetap hidup dan pertumbuhan baru nampak kemudian (halaman 211)
Kekurangan boron didalam umbi manis( 16), lobak cina ( 4) dan tanaman pangan, biasanya dikenal sebagai penyakit brown-heart, akibat pertama adalah adanya bintik hitam diatas akar, pada umumnya hal ini terjadi pada akar. Tumbuhan secara berangsur-angsur akan menjadi kerdil atau ukuran daun akan mengecil dibanding normal dan berjumlah sedikit lebih banyak, dan secara berangsur-angsur mengindikasikan suatu warna variasi, yang mana nampak sebagai campuran dari merah kebiruan dan kuning di  sebagian atau semua daun, sedang tangkai daun-daun pada umumnya menunjukkan suatu gejala robek membujur. tumbuhan yang terpengaruh telah membelit daun-daun dan kelihatan sedikit memendek dan berwarna pucat pada tangkai daun. Titik tumbuh akan mati dan membusuk.Akar tidak tumbuh secara normal dan di bawah kondisi-kondisi dari kekurangan borium pertumbuhan akan menyimpang dan sangat kecil, dengan suatu penampilan keras, tak sehat, berwarna keabu-abuan sebagai ganti suatu permukaan yang bersih dan lembut. Sering permukaan akan menjadi berkerut dan mengecil (halaman 211).
Pada akar sampai memotong, kekurangan boron dilihat ketika warna coklat yang umum dikenal heart-dark area, kelebihan air di dalam daging di pusat (gambar 4). Sesuai dengan akibat dari  kekurangan boron, warna coklat tua akan bertambah dari beberapa kecil, menyebar, membuat noda pada suatu area basah yang besar, atau bahkan akan membuat suatu cekungan memusat dengan semua daging bagian dalam yang sangat buruk dan pucat.
Didalam buah tomat, kekurangan boron belum mempunyai arti penting secara ekonomi dan biasanya belum terjadi. Kekurangan akan diamati ketika tumbuhan tumbuh didalam nutrient yang bebas dari borium. awal gejala adalah suatu penampilan berwarna hitam pada titik tumbuh batang. Tumbuhan akan terlihat kerdil, sedangkan pertumbuhan dari daun-daun baru lebih lambat daripada pertumbuhan batang. Cotyledon, atau bakal daun, dan daun-daun muda dengan jelas akan berwarna ungu ketika tanaman masih muda. Batang menjadi kerdil dan tunas terminal pertumbuhannya akan terhambat, menguning dan mati. Jaringan-jaringan yang berguna akan rusak. Karakteristik utama adalah kerapuhan pada petioles, atau ujung batang, dan pada umbi. Akar akan menunjukkan pertumbuhan yang sangat buruk dan akan berwarna menguning atau coklat. Buah kerap kali tertutup dengan warna gelap atau akan mengering, hal ini disebabkan karena berhubungan dengan gangguan pada jaringan.
Kekurangan boron dalam tanaman selada ditandai dengan bentuk cacat yang semakin cepat pada pertumbuhan daun, munculnya bercak-bercak dan rusaknya ujung daun, dan akhirnya kematian pada titik tumbuh tumbuhan ( gambar 5 dan 6) ( 12). gejala pertama adalah keterlambatan pertumbuhan dan bentuk cacat pada daun-daun yang masih muda. Pertumbuhan marginal berhenti, dan ini mengakibatkan ujung-ujung daun akan melipat. Bercak pada daun akan meningkat dalam jumlah dan ukuran, serta keseluruhan ujung daun memberinya suatu penampilan yang buruk. daun-daun yang lebih tua tidak kelihatan terpengaruh, tetapi semua daun-daun muda, yang pertama kali terpengaruh adalah titik tumbuhnya yang kemudian menyebar.
Kekurangan boron dalam kembang kol yang pertama nampak adalah kecil, konsentris, kelebihan air pada batang dan pada pusat terdapat cabang kecil yang berongga (halaman 212). Penampilan dari luar menyerupai kecoklatan pada lobak cina. Ketika warna coklat semakin keras, kedua-duanya pada bagian luar dan bagian dalam dari   ujung akan berkarat. Perubahan warna pada biji akan nampak pada fase masak, dan hal tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan. Pada tanaman kembang kol, kekurangan borium pada saat menanam dapat dihinggapi penyakit, pertumbuhan daun-daun yang lebih kecil di sekitar batang mungkin akan berubah bentuk dan kerdil ( 3).
Kekurangan boron memberi tanaman bawang suatu karakteristik kerdil, penampilan menyimpang. Warna daun bervariasi dari yang hijau kelabu gelap ke hijau kebiruan, daun-daun yang masih muda akan mengembang dan terdapat bercak titik berwarna hijau dan kuning yang menarik perhatian. Area yang menyusut nampak jelas, diikuti dengan retakan yang berbentuk melintang dan melebar seperti tangga diatas bagian dari daun basal. Daun-Daun menjadi rapuh dan kaku (halaman 214) ( 10, 19).
Kekurangan boron memberi penampakan pertama pada kentang manis berupa pembatasan pada pertumbuhan terminal dari titik tumbuh dan pemendekan pada internodes. Ketika gangguan berkembang, petioles menjadi membengkok dan jaringan terminal menjadi kerdil dan menyimpang. daun-daun yang lebih tua menguning dan tumbuh secara prematur (gambar 7). Umbi akar dari titik tumbuh memperlihatkan bermacam-macam derajat kemunduran pada pertumbuhan internal dan eksternal. Mereka akan berbentuk tidak sesuai dan kulit akan terasa kasar dan tampak kusut. Bentuk Dumbbell, bentuk cacad dan bentuk mengeriting karena kekurangan nutrisi akan tampak secara umum. Setelah umbi akar dipengaruhi akan memperlihatkan gejala kanker pada permukaan daun, kadang-kadang ditutupi dengan suatu jaringan yang keras, gelap (gambarkan 8). Umbi akar yang dipengaruhi akan menunjukkan tanda-tanda gangguan internal, serupa dengan akibat kekurangan boron pada lobak cina dan umbi manis. Bermacam-Macam ukuran, area nekrotik internal ini terjadi secara luas sepanjang bagian umbi tetapi sepertinya yang paling banyak tardapat didalam zone cambial dekat batas luar ( 15).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar