Minggu, 11 Desember 2011

PEMBUATAN PAKAN LELE ORGANIK

RESEP PEMBUATAN PAKAN LELE
RANDI FARM

Dalam membuat pakan buatan untuk ikan, hal pertama yang harus dipertimbangkan, adalah persyaratan bahan baku untuk pakan, yaitu :

1.    Bahan baku pakan tidak boleh bersaing dengan bahan makanan manusia. Bila manusia banyak membutuhkannya, bahan baku ini tidak boleh diberikan kepada ikan.
2.    Bahan baku ini harus tersedia dalam waktu lama, atau ketersediaannya harus kontinyu. Bahan baku yang pada suatu saat ada dan kemudian lenyap, harus dihindari. Padi yang diproduksi secara massal dan nasional, tentu menyebabkan ketersediaan dedak dan bekatul untuk ternak juga melimpah ruah. Sebaliknya untuk bahan baku yang diproduksi secara terbatas, juga akan menghasilkan bahan secara terbatas pula.
3.    Harga bahan baku; walaupun bisa digunakan, tapi bila harganya mahal maka penggunaan bahan atau peran bahan baku itu sebagai bahan baku sudah tersisihkan. Sebenarnya murah atau mahalnya bahan baku itu harus dinilai dari manfaat bahan itu, yang merupakan cermin dari kualitas bahan tersebut. Tepung ikan, misalnya harganya memang mahal, tetapi bila dibandingkan dengan kandungan proteinnya yang tinggi dan kelengkapan asam aminonya, maka penggunaan tepung ikan menjadi murah.
4.    Kualitas gizi bahan baku, menjadi persyaratan penting lainnya. Walaupun harganya murah, banyak terdapat di Indonesia, dan ketersediaannya kontinyu, tetapi bila kandungan gizinya buruk, tentu bahan baku ini tidak dapat digunakan.


Khusus untuk ikan, pakan buatan yang diberikan dapat dikatagorikan
menjadi :
1.    Pakan alami, merupakan kelompok pakan yang berasal dari hewan yang berukuran renik sampai ukuran beberapa centimeter yang di kultur atau dikumpulkan dari alam; contohnya adalah Artemia, Daphnis dan Cacing Sutra. Pakan alami ini dapat juga berasal dari tumbuhan, misalnya fitoplankton dan daun talas.

2.    Pakan lembek, merupakan cincangan ikan-ikan rucah dan cumi-cumi yang langsung diberikan kepada ikan. Daya tahan pakan lembek ini 2 – 3 hari dalam lemari pendingin.

3.    Pakan kering lengkap, merupakan pakan berbentuk pelet, “flake” dan “crumble” dengan kadar air rendah sehingga daya tahannya bisa 3 – 4 bulan dan kandungan gizinya cukup lengkap karena dibuat sesuai dengan kebutuhan. Jenis pakan inilah yang akan dikupas lebih mendalam.


  

BAHAN BAKU PAKAN PELET
ALAT :
1.      PENGKUKUS
2.      KOMPOR
3.      DRUM
4.      MESIN GILING DAN PENCETAK

BAHAN :
1.      DEDAK/BEKATUL                     : 10 Kg (BASAL)
2.      JAGUNG GILING                          : 10 Kg (BASAL)
3.      TEPUNG IKAN                             : 10 Kg (SUPLEMEN)
4.      AMPAS TAHU                            : 10 Kg (SUPLEMEN)
5.      TEPUNG KEPALA UDANG       : 5   Kg (SUPLEMEN)
6.      ACI                                                 : 5    Kg (PEREKAT)
7.      MINYAK IKAN                          : 25 ml
8.      JAHE                                             : 30 gram
9.      LENGKUAS                                 : 30 gram
10.  TEMULAWAK                           : 30 gram
11.  Stater Probiotik                            : 250 ml
12.  Bawang Putih                               : 20 gram

Cara pembuatan :
1.      Minyak ikan terlebih dahulu dicampurkan dengan tepung ikan hingga merata.
2.      Semua bahan dicampur menjadi satu.
3.      Bahan setelah merata dikukus selama 15 menit.
4.      Setelah dikukus langsung dicetak dengan mesin pencetak.
5.      Setelah dicetak lalu dikeringkan dan dijemur. 
         Pelet hasil pembuatan kami dijual dengan harga 4.500- 5000/ kg dengan catatan jika stok persediaan banyak. Lokasi      Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, Kebumen (BARLINGMASCAKEB). hub : movic 085385311219









3 komentar:

  1. bos nomornya kok gak aktif, ready stock gak ne?

    BalasHapus
  2. maaf saya sudah tdk bekerja lg d randifarm, sekrng saya menggunakan pakkan pabrik biasa karna bs sesuai target waktunya,, untuk info detailny tntang pakan buatan silahkan hubungi saja mas randi. no tlpnny ada d blog randifarm.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. oooh gitu ya, kalo boleh tau nomore njenengan brapa? q pengen sharing2 mas..matur sembah nuwun

      email : budi_cesar@yahoo.co.id

      Hapus